Tips Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur / Ngorok

Mendengkur / Ngorok, merupakan salah satu gangguan tidur yang sangat mengganggu dan bisa jadi membahayakan diri sendiri. Hal ini sangatlah umum dan sering terjadi pada setiap manusia yang mengakibatkan kurangnya kwalitas tidur kita dan bisa mengganggu tidur siapa saja yang ada di samping kita.

Ngorok

Selain sangat mengganggu, mendengkur/ngorok juga bisa membahayakan diri kita sendiri karena mendengkur dapat mengganggu pernapasan sehingga pada saat tidur tubuh bisa kekurangan oksigen.

Mungkin bagi sebagian besar yang mengalami hal ini tidak merasa terganggu, tetapi bagi siapa teman tidur kita yang berada di samping kita sangatlah terganggu dengan suara yang cukup keras. Hal ini terjadi karena jaringan yang berada di balik kerongkongan antara lidah dan bagian langit-langit saling bersinggungan dan menimbulkan getaran disertai suara.

Tentu anda tidak mau kan terus menerus selalu mengalami hal buruk ini yang tentunya bisa mengganggu teman tidur anda khususnya bagi yang sudah berpasangan atau menikah. Oke, berikut ini tips-tips nya.

Tips Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur


1. Ubah Posisi Tidur

Posisi tidur yang tidak benar akan menyebabkan mendengkur saat tidur, dimana lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan, ini tidak baik. Orang yang tidur terlentang biasanya cukup rentan untuk mendengkur saat tidurnya. Hal yang sama berlaku pada posisi tengkurap. Tidur dengan posisi tengkurap mengakibatkan perut dan leher menjadi tertekan dan membuat udara sulit mengalir. Sehingga sangat disarankan tidur dalam posisi miring, dengan tidur dalam posisi yang miring dapat mencegah lidah bersinggungan dengan langit-langit mulut maupun tenggorokan. Yang paling bagus adalah posisi tidur miring ke kanan, karena sangat baik untuk melancarkan pernafasan dan juga biak untuk kesehatan jantung.

2. Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Bagi anda yang sering mendengkur dan memiliki berat badan yang tak ideal sebaiknya mulai untuk diet. Karena orang yang berlebihan berat badan sangat rentan sekali mengalami hal ini.
Baca Tips nya : Tips Diet Sehat Terbaru 2017

3. Olahraga Teratur

Dengan melakukan olahraga secara teratur otomatis semua peredaran darah dan pernafasan dalam tubuh kita akan sehat dan terjaga. Apalagi dengan anda yang kelebihan berat badan, coba lakukan olahraga secara rutin dan rasakan manfaatnya bagi tubuh anda.

4. Tidur yang Cukup

Kurang tidur atau kondisi jadwal tidur yang buruk juga dapat menyebabkan resiko tubuh mendengkur semakin besar. Ketika terlalu sibuk bekerja hingga lupa meluangkan waktu untuk istirahat atau tidur, maka jika sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, maka kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang, hal inilah yang membuat terjadinya tidur mendengkur di malam hari. Pada saat terlalu lelah, otot tubuh tidak mampu bekerja secara maksimal, maka dari itu imbangilah antara aktivitas harian dengan istirahat yang cukup.

5. Perhatikan Pola Makan

Penting mengatur waktu makan dengan tepat. Sehingga, nantinya jangan sampai mendekati waktu sebelum tidur anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Yang hal itu memicu resiko mengorok saat tidur. Juga hindari minum produk susu sebelum tidur, karena bisa berakibat meningkatkan produksi lendir dalam mulut, sehingga juga memunculkan resiko medengkur saat tidur.

6. Angkat Posisi Kepala pada saat Tidur

Posisi kepala saat tidur sangat mempengaruhi mendengkur atau tidaknya seseorang. Kebanyakan, orang mendengkur karena posisi kepala yang terletak jauh ke belakang dari letak bantal. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka gunakan bantal yang cukup tinggi, sehingga dapat lebih untuk menopang kepala. Usahakan posisi kepala lebih tinggi, yang mangfaatnya untuk membantu tubuh membersihkan penghalang di bagian tenggorokan. Sehingga tidur dapat terasa nyaman tanpa terjadinya dengkuran.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup sangat bernanfaat untuk meminimalkan lendir yang lengket pada tenggorokan, dengan berkurangnya lendir yang lengket pada tenggorokan dapat menghindari tubuh dari mendengkur saat tidur. Saat mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal ini juga menjadi pemicu tubuh mendengkur saa tidur. Sehingga perlu memperbanyak minum air putih. Untuk wanita, idealnya minumlah air putih sebanyak 11-15 gelas dalam sehari, sementara pria idealnya minum sebanyak 16 gelas dalam sehari.

8. Hirup Uap Air Hangat

Menghirup uap air hangat bermanfaat untuk membantu membersihkan rongga hidung, sehingga anda dapat bernafas dengan lancar dan lega. Untuk melakukannya simple saja, saat sebelum tidur masak air panas dan rendam handuk di dalam, lalu hirup uapnya. Lakukan selama 5-10 menit.

Itulah beberapa tips atau cara mengatasi kebiasaan tidur mendengkur (ngorok) yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Semoga artikel bermanfaat dan jangan lupa share ya.

"Terima kasih sudah berkunjung di Amazhing, jangan bosan dan jangan lupa share ya..."

Tetap Semangat...!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan. Komentar dengan menggunakan kata-kata yang tak pantas dan menanam LINK aktif, maka komentar tidak akan diapprove dan link report SPAM. Terima kasih, happy reading...